Cara Menjual Koin Kuno

Cara Menjual Koin Kuno.Apakah Anda mendapatkan warisan atau memiliki koin-koin kuno yang berharga tetapi tidak tahu bagaimana cara menjualnya? Menjual koin bukanlah hal yang sulit jika Anda sabar. Sebelum menjual koin, Anda harus membaca buku panduan khusus yang berjudul “The Official Red Book” atau sumber-sumber lain di internet untuk mengecek nilai koin tersebut. Setelah itu, carilah pembeli koin kuno dan orang yang sering berurusan dengan koin-koin bermaterial dan bernilai sama dengan koin Anda. Tangani urusan ini dengan baik untuk memaksimalkan keuntungan investasi.Yang telah kita rangkum dalam kirazamber

Disupport oleh Daftar Poker77

Menakar Nilai Koin

 

v4 460px Sell Old Coins Step 1 - Cara Menjual Koin Kuno

Identifikasi koin.

Anda harus mengetahui koin apa yang dimiliki sebelum menjualnya. Pertama, lihatlah nilai denominasi koin, lalu cek tanggal penerbitan dan logo cetakan uangnya. Kedua hal tersebut akan tercetak di permukaan koin. Selain itu, Anda juga boleh mencari informasinya lewat Google untuk mencari tahu jenis koin yang Anda miliki.
  • Pembeli dan kolektor koin bisa membantu Anda juga. Ambillah foto dari kedua sisi koin dengan jelas lalu kirimkan ke grup kolektor koin di internet jika Anda tidak bisa menunjukkannya secara langsung.

Ceklah kondisi koin.

Kondisi koin bisa menentukan nilainya. Cek kedua sisi koin kembali. Adakah noda atau goresan? Semakin parah kerusakannya, semakin turun juga nilainya. Namun, carilah kesalahan cetak karena hal ini justru bisa meningkatkan nilai koin.

  • Koin dinilai berdasarkan skala 0 hingga 70. Nilai 0 berarti kondisinya buruk, sementara 70 berarti kondisinya terlihat seperti baru. Koin yang dinilai baik atau bernilai 6 biasanya terlihat sudah sering dipakai. Sementara koin yang bernilai sangat baik atau berskala 12-15 menunjukkan uang yang sudah pernah dipakai.
  • Jangan coba membersihkan koin! Koin merupakan artefak sejarah dan kolektor menyukai penampilannya yang natural. Pembersihan koin justru bisa merusaknya.

Cek nilai koin.

Ketika Anda sudah mengetahui koin apa yang dimiliki, Anda bisa memperkirakan berapa nilainya jika diuangkan. Ada banyak situs di internet yang memuat daftar nilai koin terbaru. Selain itu, Anda bisa pergi ke Gramedia lalu membeli buku panduan yang berjudul The Official Red Book. Buku ini berisi panduan mengenai nilai berbagai jenis koin secara mendetail.

  • Harga koin yang ditampilkan biasanya berdasarkan harga grosir. Anda tidak akan mendapatkan banyak uang jika menjualnya secara satuan.

Perhatikan acara-acara pelelangan untuk mencari tahu berapa nilai koin Anda.

Ada lebih banyak informasi yang bisa dtemukan dengan cara mencari data penjualan terakhir. Semua jenis koin ada di situs-situs semacam ini seperti di laman Heritage Auctions. Carilah koin yang mirip dengan koin yang dmiliki untuk bisa memperkirakan harga yang akan dbayarkan orang lain untuk koin Anda

Carilah juru taksir untuk memperkirakan nilai koleksi koin.

Anda akan memerlukan jasa ahli taksir ketika akan menjual koin dalam jumlah yang besar atau bernilai tinggi. Para penawar jasa taksir yang bisa dpercaya bisa dhubungi lewat telepon yang nomornya ada ddalam drektori nomor telepon atau dari internet. Mereka akan menganalisis setiap koin, memastikan keasliannya, dan memberi tahu Anda nilai harganya

  • Cari ulasan konsumen lain dinternet atau berkonsultasilah ke biro bisnis yang tepercaya untuk mengecek reputasi juru taksir.
  • Ada banyak penjual koin yang juga bergabung ke dalam kelompok-kelompok seperti American Numismatics Association atau Professional Coin Gradng Service. Gunakan situs-situs ini untuk mencari juru taksir tepercaya.

Kelompokkan koin berdasarkan nilainya.

Pembeli yang berbeda akan berspesialisasi pada jenis koin yang berbeda. Jika Anda menjual beberapa koin dsaat yang sama, pisahkan koin berdasarkan nilainya. Kelompokkan koin yang bernilai tinggi, sedang, hingga rendah. Cara pengelompokkannya terserah Anda, tetapi cara termudah untuk melakukannya adalah dengan memberikannya nilai grosir.

  • Anda bisa memisahkan koin berdasarkan tampilannya, jenis metal yang dgunakan untuk membuatnya, atau tempat pembuatannya.