Hal yang Bisa Dilakukan untuk Berhenti Mengejar Kesempurnaan

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Berhenti Mengejar Kesempurnaan,Merupakan suatu hal yang wajar bila kita sebagai manusia ingin memiliki kesempurnaan dalam hidup, entah dalam urusan pendidikan, karier, percintaan, dan lain sebagainya. Bahkan sejak masih duduk di bangku sekolah, kita sudah diajarkan untuk mengejar kesempurnaan, misalnya dengan meraih nilai bagus atau mendapatkan peringkat tinggi di kelas. Memiliki ambisi untuk mengejar kesempurnaan sebenarnya bagus karena kita akan memiliki semangat untuk terus memperbaiki diri.

AGEN CLUB38

http://kirazamber.com/

Tapi, selalu mengejar kesempurnaan dalam semua hal juga gak baik. Bukan kesempurnaannya itu sendiri yang buruk, namun keinginan dan sikap kita yang menuntut untuk selalu sempurna. Selalu mengejar kesempurnaan akan sangat melelahkan dan membuat kita merasa kecil, sehingga justru menghambat kemajuan dri kita.

Seseorang yang selalu mengejar kesempurnaan juga acapkali menjad kurang produktif. Hal ini karena orang tersebut sulit untuk menuntaskan suatu pekerjaan sampai hasil pekerjaan itu dianggapnya sempurna. Detail dan fokusnya pada hal-hal kecil d suatu pekerjaan membuatnya menghindari menghasilkan karya dan juga membuatnya enggan beralih ke pekerjaan lainnya. Hal inilah yang menghambatnya menghasilkan sesuatu.

Berikut ini merupakan tujuh hal yang bisa kita lakukan untuk berhenti mengejar kesempurnaan

1. Mencari tahu penyebab kita mengejar kesempurnaan

pexels kaboompics com 6384 62066ead51c9dbeed207569cbf9ec717 334a34e7347e14336a5f17e736f395fb - Hal yang Bisa Dilakukan untuk Berhenti Mengejar Kesempurnaan

Hal pertama yang perlu d;akukan adalah mencari tahu apa penyebab atau pemacu kita dalam mencari kesempurnaan. Ada begitu banyak sebab mengapa seseorang berusaha untuk meraih kesempurnaan, entah karena memang murni ingin melakukan yang terbaik, ingin dpuji orang lain, takut dcap buruk oleh orang lain, takut kalah saing dengan orang lain, atau karena berbagai alasan lainnya.

Kita bisa melakukan refleksi dri ataupun ‘self-talk‘ untuk mencari tahu penyebab tersebut. Setelah menemukan penyebabnya dan ternyata niat kita mengejar kesempurnaan kurang baik, misalnya karena ingin dpuji orang lain, cobalah untuk memperbaiki niat tersebut.

2. Mengubah mindset

woman 690118 1920 62066ead51c9dbeed207569cbf9ec717 02c988f1ab26c5b1a8059a433b585035 - Hal yang Bisa Dilakukan untuk Berhenti Mengejar Kesempurnaan

Jika kita berpikir bahwa mengejar kesempurnaan adalah jalan satu-satunya untuk sukses, maka ada baiknya untuk mengubah mindset tersebut. Ketika seseorang selalu berambisi mengejar kesempurnaan, ia cenderung ingin sempurna dalam segala hal termasuk detail-detail kecil yang sebenarnya gak penting-penting amat. Seringkali karena menangani hal-hal yang kecil tersebut, seseorang justru lupa untuk menggapai target atau tujuan awal yang lebih besar.

Karena terlalu mengejar kesempurnaan, seseorang juga akan dselimuti perasaan takut gagal. Hal ini justru menyebabkan orang tersebut menghindar dari tanggung jawab sebab ia takut gak bisa sempurna dalam melaksanakan tanggung jawab tersebut. Karena itu, tanamkan mindset bahwa mengejar kesempurnaan itu gak selalu baik.

Selain itu, tanamkan mindset bahwa kesempurnaan bukanlah sesuatu yang wajib selalu kita kejar. Adakalanya memang kita harus berusaha mengejar kesempurnaan, namun bukan berarti kita wajib mengejar kesempurnaan tersebut dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Lagipula, kesempurnaan itu sebenarnya merupakan hal yang gak terdefinisi d dunia ini. Setiap orang mempunyai definisi kata sempurna yang berbeda-beda, bukan?

3. Mengenali diri sendri lebih dekat

pexels ismael sanchez 2282000 62066ead51c9dbeed207569cbf9ec717 ceaef4da2ad00491329c28a94eab8cf3 - Hal yang Bisa Dilakukan untuk Berhenti Mengejar Kesempurnaan

Hal lain yang perlu dilakukan untuk berhenti mengejar kesempurnaan adalah mengenali diri sendiri. Apakah kita yakin sudah mengenali diri kita sendiri dengan baik? Kita perlu mengetahui apa saja potensi atau kelebihan serta kekurangan yang kita miliki.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan itu, kita bisa memetakan sejauh apa kemampuan kita dalam mengejar suatu kesempurnaan. Kita pun bisa menyesuaikan potensi yang kita punya dengan target yang akan kita capai. Misalnya, kita merasa ‘kurang’ dalam pelajaran fisika sehingga kita gak perlu menetapkan target nilai 100 untuk ujian fisika. Kita bisa kok menetapkan target nilai di bawahnya asal masih tergolong baik dan bisa lulus.

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Berhenti Mengejar Kesempurnaan,Mengenali diri sendiri berarti kita berusaha memantaskan diri. Apakah kita sudah pantas memiliki kesempurnaan itu? Bila kita merasa belum, kita bisa memasang target yang realistis sesuai dengan kemampuan diri kita dan gak harus mematok target yang sempurna.