ingin Jadi Manajer Pahami Dulu Apa

ingin Jadi Manajer Pahami Dulu Apa Kata manajemen seringkali kita dengar, baik dalam buku-buku pelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Bahkan manajemen juga menjadi jurusan tersendiri di kampus-kampus.

http://kirazamber.com/

AGEN388 INDONESIA

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi jajaran pemimpin yang mengelola perusahaan alias memiliki jabatan manajer, perlu memahami konsep dasar manajemen.

Pemahaman terhadap manajemen ini menjadi penting karena dapat menjadi dasar dalam mengelola berbagai hal dalam kehidupan seperti finansial, waktu, sampai perusahaan.

Jika kamu ingin memiliki kehidupan yang terencana dan terorganisir, kamu perlu mengerti manajemen,  seperti yang telah IDN Times di bawah ini.

1. Manajemen adalah tata kelola untuk mencapai tujuan

pexels fauxels 3182818 0e505e98a1cfcc91ce54c3338f036b51 49fbe44a925854061a65a4fa52e000eb - ingin Jadi Manajer Pahami Dulu ApaIlustrasi strategic planning www.pexels.com/fauxels

Dilansir dari CPSsoft, manajemen diartikan sebagai seperangkat prinsip yang berkaitan dengan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian, dan penerapan prinsip-prinsip ini dalam memanfaatkan sumber daya fisik, keuangan, manusia dan informasi secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

lg.php?bannerid=0&campaignid=0&zoneid=6081&loc=https%3A%2F%2Fwww.idntimes.com%2Fbusiness%2Feconomy%2Fainal zahra 1%2Fingin jadi manajer pahami dulu apa itu manajemen&referer=https%3A%2F%2Fwww.idntimes - ingin Jadi Manajer Pahami Dulu Apa

Namun, secara etimologi sebuah seni mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama sebuah organisasi atau bisnis melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, dan pengawasan sumber daya dengan cara yang efektif dan efisien.

2. Memiliki 6 landasan penunjang

crop woman using calculator while counting bills in 4491441 a4993b9fc2fcd738181e6e0eba4e7c9f - ingin Jadi Manajer Pahami Dulu ApaPexels/Karolina Grabowska

Dalam mencapai tujuan sebuah manajemen yang baik, 6 unsur manajemen harus dipenuhi. Unsur-unsur tersebut adalah:

  • Sumber daya manusia, untuk menyusun tujuan hingga pelaksanaannya agar mencapai tujuan akhir.
  • Keuangan, sebagai penunjang kegiatan yang sudah dsusun sesuai rencana sehingga akan lebih mudah untuk menjalankan segala kegiatan.
  • Material, baik bahan jadi maupun bahan setengah, yang dperlukan dalam proses pelaksanaan kegiatan.
  • Mesin, untuk memudahkan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya, unsur mesin memang sangat dbutuhkan. Nantinya pekerja bisa bekerja dengan efektif dan efisien.
  • Metode, sebagai cara yang dgunakan dalam pelaksanaan kerja. Sebuah metode yang baik selalu mempertimbangkan berbagai hal.
  • Pasar, nantinya produk yang sudah diproduksi  akan dipasarkan kepada konsumen.

3. Fungsinya dapat memaksimalkan pekerjaan

Untuk mencapai tujuan tata kelola atau bisnis secara maksimal, para manajer harus mampu menguasai seluruh fungsi manajemen yang ada. Fungsi tersebut terdri dari 5, dntaranya:

Fungsi perencanaan, merupakan fungsi untuk menyusun strategi awal dalam mencapai tujuan yang sudah dtentukan. Dalam sistemnya, manajemen akan melalui rangkaian-rangkaian yang akan memberikan dampak baik bagi sebuah organisasi.

pengorganisasian, melalui fungsi ini, seseorang dapat melakukan penentuan terhadap tugas apa saja yang harus dkerjakan seperti menentukan skala prioritas atau pembagian kerja tertentu dalam sebuah struktur organisasi sehingga terciptanya organisasi yang baik.

penggerakan, yang merupakan tindakan seorang manajer untuk  mengawasi dan mengontrol anak buahnya agar dapat melaksanakan tugasnya secara tepat.

pengawasan, adalah fungsi yang dlakukan agar pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan visi, misi, dan peraturan yang telah berlaku. Selain itu, fungsi ini dgunakan untuk menilai kinerja dengan berpatokan standar yang telah dbuat, juga melakukan perbaikan apabila dperlu

4. Jenis-jenis manajemen

belajar management waktu lebih baik lagi 96e294a35bd72f08136d6d751d28e44e - ingin Jadi Manajer Pahami Dulu ApaPexels.com/energepic.com

Jadi Manajer Pahami Dulu,Dalam menjalani kehidupan, dperlukan adanya perencanaan dan organisasi yang baik agar terciptanya kehidupan yang seimbang. Manajemen juga dperlukan dalam setiap aspek d dunia.

Selain memiliki banyak unsur dan fungsi, manajemen juga memiliki jenis yang banyak. Setidaknya yang paling dasar adalah, manajemen waktu, manajemen strategis, manajemen penjualan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan dan akuntansi, dan lain sebagainya.

5. Peran manajemen dalam perusahaan

group people working out business plan office 1303 15874 377fc1f996afdfa66454867be1ac5fa1 - ingin Jadi Manajer Pahami Dulu Apafreepik/senivpetro

ingin Jadi Manajer Pahami Dulu Apa,Dalam sebuah perusahaan, manajemen atau level manajerial memiliki peran untuk membantu mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Caranya, ialah dengan mengoptimalkan sumber daya, menunjang organisasi atau perusahaan yang baik, menciptakan keseimbangan, meminimalisir biaya, seperti yang dilansir dari Insight Talenta.