Kejadian Langka yang Terjadi di Seluruh Dunia COVID-19

5 Kejadian Langka yang Terjadi di Seluruh Dunia COVID-19 masih belum berakhir, dan bahkan menginfeksi lebih banyak orang setiap harinya. Data yang didapat dari Worldometers.info per 26 Maret 2020, total kasus di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 480 ribu, dan jumlah kematian mencapai lebih dari 22 ribu jiwa. Wabah pandemi yang diakibatkan oleh SARS-CoV-2 ini masih menjadi momok menakutkan bagi seluruh negara yang ada di dunia.

Tiongkok masih menjadi negara urutan teratas dengan jumlah kasus terbanyak, meskipun saat ini penambahan kasusnya sudah sangat sedikit. Italia dan Amerika menyusul dengan penambahan kasus yang sangat masif setiap harinya.

Ada beberapa kejadian dan penampakan yang sangat langka akibat mewabahnya COVID-19 ini. Kejadian-kejadian tersebut tentu tidak pernah terlihat sebelumnya. Inilah lima kejadian langka di dunia akibat penyebaran virus corona, apa saja?

1. Banyak negara yang bersama-sama memberlakukan total lockdown

Lockdown secara sederhana dapat diartikan sebagai karantina atau penutupan wilayah secara total. Dampak terparah saat ini berada di Eropa dan Amerika Serikat, dan ini mengakibatkan banyak negara Eropa yang memutuskan untuk melakukan penutupan wilayah secara total.

lg.php?bannerid=0&campaignid=0&zoneid=6081&loc=https%3A%2F%2Fwww.idntimes.com%2Fscience%2Fdiscovery%2Fdahli anggara%2F5 kejadian langka yang terjadi di seluruh dunia akibat covid 19 c1c2%2F1&referer=https%3A%2F%2Fwww.google - Kejadian Langka yang Terjadi di Seluruh Dunia COVID-19

Euronews.com melaporkan bahwa setidaknya ada sepuluh negara Eropa yang sudah dengan tegas menyatakan total lockdown, dan kemungkinan akan ada lebih banyak lagi negara Eropa yang akan menyusul. Di luar Eropa juga terdapat banyak negara yang telah menerapkan penutupan total, di antaranya Malaysia, India, Tiongkok, Israel, Qatar, Selandia Baru, Thailand, dan beberapa negara lainnya.

Tentu kejadian seperti ini merupakan kejadian yang sangat langka. Jika melihat peristiwa wabah yang pernah terjadi di masa lalu, penerapan atau kebijakan negara-negara di dunia pada saat itu tidaklah seketat sekarang.

2. Polusi yang berkurang secara drastis

x 2 797b46ebc51ced56f4404da477e341cc - Kejadian Langka yang Terjadi di Seluruh Dunia COVID-19

Sebelum virus corona menyebar dengan cepat di seluruh dunia, polusi atau pencemaran lingkungan terjadi di hampir semua negara. Polusi udara, air, dan suara menjadi kejadian wajar sehari-hari yang terjadi di hampir seluruh negara di dunia ini. Udara yang bebas dari polusi adalah hal yang dirasa mustahil.

Setelah COVID-19 menyebar dan menjadi pandemi global, banyak negara yang menerapkan kewajiban bagi warganya untuk tetap di dalam rumah, dan bahkan banyak negara yang menerapkan total lockdown.

Harus diakui bahwa kebijakan-kebijakan tersebut membawa dampak baik bagi alam, khususnya kualitas udara dan air yang lebih baik. BBC dalam lamannya memberitakan bahwa jumlah karbon monoksida jauh lebih berkurang dibandingkan dengan tahun lalu.

Emisi dan gas CO2 juga turun tajam dan membuat kualitas udara menjadi bersih dan sehat. Keadaan air di beberapa negara juga berubah secara drastis, seperti yang dilaporkan di Tiongkok dan Italia. Kualitas air di sungai yang berada di kedua negara tersebut tercatat lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

3. Eropa tanpa sepak bola

x 3 83e6cc0f818811c9147ed98c73de66f3 - Kejadian Langka yang Terjadi di Seluruh Dunia COVID-19

Apa jadnya jika pertandingan sepak bola dEropa dtiadakan? Ya, Eropa tanpa sepak bola adalah kejadan yang benar-benar langka. Bahkan pada wabah-wabah virus sebelumnya, Eropa tidak pernah menghentikan pertandngan liga sepak bola.

Tercatat liga Inggris, Italia, Spanyol, Prancis, Jerman, Belanda, dan beberapa liga top Eropa lainnya berhenti total. Hal ini dlakukan untuk meminimalkan penyebaran virus corona yang semakin masif dan meluas dtanah Eropa.

Jika kamu suka dengan siaran langsung liga Eropa, sepertinya kamu harus bersabar lebih lama. Pasalnya penyebaran virus corona sedang masif dan terjadi sangat cepat dBenua Biru tersebut. Pemerintah dari negara-negara Eropa sedang fokus untuk menangani COVID-19 dan menganggap urusan lainnya bukanlah urusan yang urgent.

4. Krisis ekonomi yang terjadi secara serentak

Tercatat bahwa krisis ekonomi yang terjad akibat penyebaran COVID-19 memang dapat terjad lebih buruk jika dbandngkan dengan krisis ekonomi 2008 dan bahkan 1998 silam. Saat ini dunia dfokuskan dengan penyelamatan nyawa manusia, dan ekonomi menjad faktor yang danggap bukan hal mendesak.

Hal senada juga dsampaikan oleh pakar ekonomi dunia yang dcatat dalam Foreignpolicy.com. Para ahli keuangan dan ekonomi dunia menyatakan bahwa virus corona bisa saja membawa dampak penurunan ekonomi secara masif jika dbandngkan dengan 2008 silam.

Memang masih terlalu dni untuk menilai secara dalam seberapa parah krisis ekonomi akibat COVID-19, sebab wabah ini masih menyebar secara masif hingga saat ini. Harus dakui bahwa industri manufaktur sudah mulai goyah pada 2019 silam, dtambah dengan virus corona, dperkirakan akan banyak perusahaan yang gulung tikar.

dalam negeri sendri, kasus penyebaran virus corona berdampak fatal bagi bisnis pariwisata dan transportasi. Belum lagi toko-toko dan kantor kecil yang harus bersusah payah menyelamatkan dri dari jurang kebangkrutan akibat sepinya pembeli atau konsumen.

5. Menyelamatkan dunia dengan cara diam di rumah

Ini serius, jika kamu ingin berkontribusi menyelamatkan dunia dalam memerangi virus corona, kamu wajib tinggal drumah. Lakukan segala sesuatu d rumah, dan jangan keluar rumah jika tidak ada sesuatu yang sangat mendesak.

Bahkan Tiongkok, Malaysia, Italia, India, Spanyol, dan Jerman memberlakukan hukuman pidana bagi siapa saja yang melanggar peraturan tersebut.

5 Kejadian Langka yang Terjadi di Seluruh Dunia COVID-19 Kejadan ini memang sangat langka dan tidak pernah terjadi d dunia sebelumnya. Demi kebaikan bersama, sebaiknya kamu mematuhi peraturan dan anjuran dari pemerintah dan petugas meds. Berhasil atau tidaknya sebuah negara dalam melawan virus corona, itu bergantung pada kepatuhan warga masyarakatnya.

Itulah lima kejadan langka yang terjadi akibat mewabahnya COVID-19 dseluruh dunia. Tetap rumah dan selalu jaga kesehatan kamu, ya!